Saturday 24 March 2012

kekhwatiran terhadap Musik Anak di Indonesia..


Realita Musik Anak di Indonesia..

Apa yang terbayangkan ketika mendengar kata-kata itu??
Untuk saya sendiri,pikiran saya akan terbang ke masa saya kecil dulu.untuk masa sekarang??i don’t think so.

“dia..dia..dia..cinta yang kutunggu tunggu tunggu.. ♪♪”

Pernahkah anda mendengar bocah pengamen,atau anak kecil tetangga sebelah anda menyanyikan lagu yang belum semestinya mereka nyanyikan???
Saya yakin 90 % dari anda semua sudah pernah mengalaminya..
sumber:google

Entah karena globalisasi,atau karena pengertian kata “GAUL” yang salah diartikan oleh anak-anak kecil jaman sekarang.tapi realitanya tanpa memandang umur,sekarang mereka menyanyikan lagu yang semestinya dinyanyikan oleh orang dewasa.

Berdasarkan penelitian yang saya lakukan dalam waktu seminggu,saya mendapatkan beberapa faktor yang membuat anak-anak kecil mengenali lagu-lagu yang bukan untuk umur mereka.

Hal-hal yang menyebabkan mereka menyukai lagu-lagu “dewasa” diantaranya adalah karena 

1.     Orang tua,kakak,atau keluarga dekat mereka sering menyanyikan lagu “dewasa”.hal itu mungkin tidak salah,karena mereka adalah orang dewasa.namun,mereka tidak menyadari dampak seperti apa yang anak kecil dapatkan.seperti yang kita tahu,pikiran mereka masih mudah sekali dipengaruhi.

 2.    JARANGNYA LAGU ANAK-ANAK YANG MUNCUL DI JAMAN SEKARANG..<---- that’s the fact..
Sudah amat jarang saya mendengar lagu anak-anak muncul baik di televisi maupun di radio.mereka seperti tersihir oleh lagu-lagu orang dewasa yang sering di nyanyikan,dan dimunculkan di sarana-sarana komunikasi,khususnya di Indonesia.

3.    Sosialisasi kepada teman juga dapat menyebabkan anak kecil lebih menyukai lagu orang dewasa daripada lagu yang tepat untuk mereka.seperti yang saya bilang,anak kecil sangat mudah dipengaruhi.apalagi dipengaruhi oleh teman sebayannya.

Yang saya sebutkan diatas,hanya beberapa hal yang membuat anak kecil menyukai lagu dewasa.sebenarnya masih sangat banyak sekali factor-faktor yang seperti itu.

Saya sangat kecewa pada fakta bahwa musik anak Indonesia sekarang sangatlah buruk. Saya sendiri khawatir karena memiliki adik yang juga masih kecil.Tapi,memangnya bisa berubah jika kita hanya mengkritik saja??

Karena itu,selain saya mengkritik tentang dunia musik anak di Indonesia,saya juga akan memeberikan cara pencegahan,dan cara memperbaiki itu semua.

1.     Wahai para petinggi di kantor stasiun televisi maupun radio di Indonesia,perbanyaklah acara untuk anak-anak,khususnya tentang musik anak.karena sesungguhnya,setengah dari penduduk Indonesia adalah anak-anak kecil.jangan selalu menaruh target utama penonton acara hanya untuk para remaja.

2.    Wahai para petinggi pembuat musik,perbanyaklah membuat musik yang tidak hanya untuk para remaja,tetapi juga untuk anak-kecil.jadilah sekreatif mungkin.buatlah lagu anak-anak menjadi lagu yang juga digemari anak remaja jaman sekarang.

Biar saya beri contoh..
1.     Kalian ingat lagu bintang kecil??sekarang sudah banyak yang me-recycle lagu tersebut menjadi lagu yang saya(18 tahun)pun menyukainya.kalo mau dengar silahkan klik disini
2.      Saya pun menemukan sesuatu yang bagus di acara salah satu stasiun televisi Indonesia.mereka membuat game yang berhubungan dengan lagu anak kecil.jadi,mereka(para artis) harus mengambil secarik kertas secara acak yang bertuliskan lagu yang harus mereka nyanyikan.misalnya:lagu bunda piara yang harus dinyanyikan bergaya RnB.dan menurut saya,itu jadi keren banget.kalo mau menonton,silahkan klik disini


Sekian yang bisa saya sampaikan untuk para pembaca.semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat.terima kasih banyak sudah membaca dan tetap dukung musik anak Indonesia!!
sumber:google

6 comments:

  1. mantap!!!! lanjutkan untuk mencari penanggulangan yang lbh mudah dimengerti anak kecil

    ReplyDelete
  2. weidih, kritik kecil untuk penguasa industri musik. lanjutkan!

    ReplyDelete
  3. hii…. blognya kren..infornya bnr2 bermanfaat.
    Senang sekali menemukan blog yg peduli pada dunia anak...
    Saya juga punya sebuah blog yg byk membahas tentang anak2, terutama dunia lagu anak…
    anda juga bisa donlot lagu anak gratis di sana..klo anda juga peduli pada lagu anak, silakan donlot lagu2 anak di
    klik http://lagu2anak.blogspot.com
    kunjung balik ya…
    tuker link juga boleh kalo tidak keberatan…

    Salam cinta lagu2anak…

    ReplyDelete

selamat datang!!オカエリ ♪(ノ´∀`*)ノ !!!
semoga informasi di blog ini bermanfaat ..O(≧∇≦)O

PERHATIAN!,jika mau menshare isi blog ini,tolong cantumkan link blog ini juga ya..

linknya www.miohikari.blogspot.com

blogger yang baik,adalah blogger yang meninggalkan jejaknya dengan menulis comment